Pengelolaan Proses Belajar Mengajar Biologi
1. Pengertian Proses belajar Mengajar
"Belajar mengajar adalah
interaksi atau hubungan timbal balik antara siswa dengan guru dan antar sesama
siswa dalam proses pembelajaran". Dalam hal ini pengertian interaksi
mengandung unsur saling memberi dan menerima, dimana guru yang memberi
pelajaran sedangkan siswa yang menerima pelajaran. Selanjutnya dalam dijelaskan bahwa :
Istilah belajar sendiri berarti suatu
proses perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan
sumber belajar. Sumber belajar ini dapat berupa buku, lingkungan (alam
sekitar), guru, atau sesama teman. Sedangkan istilah mengajar dalam pengertian
ini adalah menciptakan situasi yang mampu merangsang siswa untuk belajar.
Dari kutipan diatas, dapat
disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar terjadi intraksi antara guru
dan siswa. Melalui proses belajar ini maka akan terjadi perubahan sikap dan
tingkah laku siswa setelah terjadinya interaksi dan sumber belajar. Dalam hal
ini guru memegang peranan yang penting, karena guru harus dapat menciptakan
suasana yang dapat membangkitkan motivasi siswa sehingga mereka terangsang
untuk belajar. Disamping itu guru juga harus dapat memanfaatkan sumber belajar
yang tepat seperti alam sekitar dalam pembelajaran biologi, sehingga siswa
tertarik dan terangsang untuk belajar biologi.
2. Proses
Belajar Mengajar Biologi
Suatu proses belajar mengajar
dapat berlangsung secara efektif bila keseluruhan komponen yang berpengaruh
dalam proses belajar mengajar saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan. Hasil belajar siswa
tergantung pada komponen-komponen berikut :
a.
Siswa
Faktor diri siswa yang
berpengaruh terhadap keberhasilan belajar adalah bakat, minat, kemampuan,dan
motivasi untuk belajar. Jadi siswa merupakan masukan
mentah (raw input).
b.
Kurikulum
Kurikulum ini mencakup materi
atau bahan kajian yang telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.
c.
Guru
Guru bertugas membimbing dan
mengarahkan cara belajar siswa agar mencapai hasil yang optimal. Besar kecilnya
peranan guru akan tergantung pada tingkat penguasaan materi, metodologi, dan
pendekatannya.
d.
Metode
Penggunaan
metode yang tepat akan turut menentukan efektivitas dan efisiensi proses
belajar mengajar.
e.
Sarana dan Prasarana
Antara lain, buku
pelajaran,alat pelajaran,alat praktek, ruang belajar, laboratorium dan
perpustakaan.
f.
Lingkungan
Lingkungan disini mencakup
lingkungan sosial, lingkungan budaya dan juga lingkungan alam, merupakan sumber
belajar dan sekaligus masukan lingkungan. Pengaruh
lingkungan sangat besar dalam proses belajar.
Dari komponen-komponen yang
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, komponen guru lebih menentukan,
karena guru yang akan mengelola komponen lainnya sehingga dapat meningkatkan
hasil proses belajar mengajar.
0 komentar:
Posting Komentar