Kamis, 15 Agustus 2013




TUGAS NAMA-NAMA ALAT LABORATORIUM BIOLOGI BESERTA FUNGSINYA



DISUSUN OLEH :
     FIRSA ALFIANDRI  (V0B012002)
DOSEN PENGAMPU : Any Suhaeny, M.Si.



PROGRAM STUDI BIOLOGI
AKADEMI KOMUNITAS LABTEC SEDEC
P4TK IPA BANDUNG
2013
1.     Tabung Reaksi adalah tabung genggam yang digunakan untuk mencampur atau memanaskan bahan-bahan kimia di laboratorium. Tabung tersebut terbuka dibagian atas dan dasar tabung yang bulat. tabung Reaksi atau  Test Tube biasanya terbuat dari bahan kaca atau plastik.      
Ø berfungsi Sebagai tempat untuk mereaksikan zat-zat  kimia dalam laboratorium . 
Ø  
tabung-reaksi.jpg




2.     Penjepit Tabung Reaksi ini terbuat dari kayu keras dengan jepitan pegasbaja untuk memegang tabung reaksi diameter 10-25 mm. Panjang sekitar 180 mm.             
Ø Berfungsi untuk menjepit tabung reaksi pada saat pemanasan, atau untuk membantu mengambil benda lain pada kondisi panas.
Ø  
penjepit.jpg







3.     Cawan Petri adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dar iplastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri dibuat dalam satu set. Cawan yang berukuran kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Cawan petri ada yang terbuat dari plastik (sekali pakai) ada juga yang terbuat dari kaca borosilikat yang tahan panas.
Ø Berfungsi Untuk :
  untuk pembiakan bakteri dalam laboratorium mikrobiologi
  sebagai tempat untuk menimbang bahan
  untuk mengeringkan bahan sample
Ø  
       cawan petri_thumb[3].jpg
4.     Pipet tetes adalah jenis pipet yang berupa pipa kecil terbuat dari plastik atau kaca dengan ujung bawahnya meruncing serta ujung atasnya ditutupi karet. Berguna untuk mengambil cairan dalam skala tetesan kecil.
Ø Berfungsi untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dalam jumlah yang sangat kecil yaitu setetes demi tetes.

                              pipet tetes.jpg


5.     Labu Erlenmeyer adalah peralatan yang seringkali di gunakan untuk analisa dalam laboratorium. Bentuknya bulat dan berbentuk kerucut dibagian atasnya. Disalah satu sisi, ada tanda untuk menunjukkan ukuran volume  isi, dan memiliki spot yang dapat diberi label dengan pensil . leher dan mulut botol yang sempit pada erlenmeyer bertujuan agar mudah di pegang, mengurangi penguapan dan dapat di tutup dengan mudah. Sedangkan dasar permukaan yang rata membuatnya flexsible di letakan dimana saja.
Ø Berfungsi antara lain untuk :

1.     Erlenmeyer berfungsi untuk mengukur dan mencampur bahan-bahan analisa,
2.     Erlenmeyer berfungsi utk menampung larutan, bahan padat ataupun cairan,
3.     Labu Erlenmeyer dapat digunakan untuk meracik dan menghomogenkan (melarutkan) bahan-bahan komposisi media,
4.     Erlenmeyer berfungsi sebagai tempat kultivasi mikroba dalam kultur cair,
5.     Erlenmeyer berfungsi sebagai tempat untuk melakukan titrasi bahan
Erlenmeyer_flask_thumb4.gif


6.     Buret adalah sebuah peralatan  laboratorium yang terbuat dari gelas berbentuk silinder seperti pipet besar yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya.
Ø berfungsi untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi.
                    buret[6].jpg

7.     Filler (karet pengisap) Untuk menghisap larutan yang akan dari botol larutan. Untuk larutan selain air sebaiknya digunakan karet pengisat yang telah disambungkan pada pipet ukur.
    filler.jpg


8.     Indikator Universal Untuk identifikasi keasamaan larutan/zat. Caranya: setelah kertas indikator universal dicelupkan di cocokan warna yang ada pada kotak kertas universal.
Indikator.jpg

9.     Mortal dan pastle untuk Menghaluskan zat yang masing bersifat padat/kristal.
   mortal.jpg


10.                        Oven Untuk mengeringkan alat-alat sebelum digunakan dan digunakan untuk mengeringkan bahan yang dalam keadaan basah.

clip_image073.jpg

7 komentar: