Lembar Kegiatan
Pengaruh aktivitas tubuh terhadap denyut jantung dan tekanan darah
Tujuan
1. Mengukur tekanan darah manusia
2. Mengetahui pengaruh
aktivitas tubuh terhadap frekuensi denyut jantung
Alat
1. Tensimeter (sphygmomanometer)
2. Stetoskop
3. Stop watch atau jam tangan yang mempunyai jarum detik
Cara Menggunakan Tensimeter
1. Periksalah kunci reservoir manometer sebelum alat ini digunakan. Jika kunci
ini tertutup, manometer tidak berfungsi. Bukalah kunci reservoir tersebut
terlebih dahulu sebelum menggunakan tensimeter.
2. Balutkan manset pada lengan atas orang yang diukur, sehingga pipa karet
terletak pada nadi lengan.
3. Tutup sekrup pompa jika masih terbuka dengan memutarnya ke arah jarum jam.
4. Pompalah manset dengan memijit-mijit karet pemompa sehingga permukaan air
raksa pada manometer mencapai skala kurang lebih 160 mmHg.
5. Tempelkan stetoskop di atas urat nadi pada lipatan tangan orang yang
diukur.
6. Buka sekrup pompa sedikit sedikit sehingga udara berangsur-angsur ke luar,
dan permukaan air raksa pada manometer berangsur-angsur turun. Catat skala
permukaan air raksa pada waktu pertama kali dirasakan adanya denyut nadi. Catat
pula skala permukaan air raksa pada waktu denyut nadi itu menghilang (tidak
dapat dirasakan lagi). Saat
terdengat denyut untuk pertama kalinya, nilai yang ditunjukkan jarum penunjuk
tekanan adalah nilai tekanan sistolik. Nilai yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk
tekanan saat bunyi denyut menghilang disebut tekanan diastolik.
Cara Kerja
1. Ukurlah tekanan darah seorang siswa dengan menggunakan tensimeter. Catatlah
hasil pengukuran.
2. Mintalah siswa tersebut untuk menghitung denyut jantungnya selama 1 menit
pada waktu duduk istirahat di kursi, sebelum kegiatan dimulai. Denyut jantung
dapat dirasakan dengan menempelkan ibu jari tangan kanan pada pergelangan
tangan kiri kemudian sedikit ditekan. Catatlah hasil perhitungan.
3. Mintalah siswa tersebut untuk melakukan lari-lari
di tempat selama + 3 menit. Hitung denyut jantungnya selama 1 menit
segera setelah aktivitas tersebut. Catatlah hasil perhitungan.
4. Ukur kembali tekanan darah siswa tersebut setelah melakukan semua aktivitas
di atas. Catatlah hasil pengukuran.
5. Lakukan kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap siswa dapat
diperiksa dan memeriksa tekanan darah, serta
menghitung denyut jantungnya sendiri.
6. Buatlah tabel dari data hasil kegiatan.
Pertanyaan
1. Bandingkan hasil
pengukuran beberapa orang siswa. Adakah kesamaannya?
2. Faktor-faktor apa
saja yang mempengaruhi frekuensi denyut jantung?
3. Apa yang dimaksud tekanan darah sistol dan diastol?
0 komentar:
Posting Komentar