Selasa, 13 Agustus 2013



Lembar Kegiatan

Pengaruh aktivitas tubuh terhadap denyut jantung dan tekanan darah




Tujuan
1.  Mengukur tekanan darah manusia
2.  Mengetahui pengaruh aktivitas tubuh terhadap frekuensi denyut jantung

Alat
1.   Tensimeter (sphygmomanometer)
2.   Stetoskop
3.   Stop watch atau jam tangan yang mempunyai jarum detik

Cara Menggunakan Tensimeter
1.   Periksalah kunci reservoir manometer sebelum alat ini digunakan. Jika kunci ini tertutup, manometer tidak berfungsi. Bukalah kunci reservoir tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakan tensimeter.
2.   Balutkan manset pada lengan atas orang yang diukur, sehingga pipa karet terletak pada nadi lengan.
3.   Tutup sekrup pompa jika masih terbuka dengan memutarnya ke arah jarum jam.
4.   Pompalah manset dengan memijit-mijit karet pemompa sehingga permukaan air raksa pada manometer mencapai skala kurang lebih 160 mmHg.
5.   Tempelkan stetoskop di atas urat nadi pada lipatan tangan orang yang diukur.
6.   Buka sekrup pompa sedikit sedikit sehingga udara berangsur-angsur ke luar, dan permukaan air raksa pada manometer berangsur-angsur turun. Catat skala permukaan air raksa pada waktu pertama kali dirasakan adanya denyut nadi. Catat pula skala permukaan air raksa pada waktu denyut nadi itu menghilang (tidak dapat dirasakan lagi). Saat terdengat denyut untuk pertama kalinya, nilai yang ditunjukkan jarum penunjuk tekanan adalah nilai tekanan sistolik. Nilai yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk tekanan saat bunyi denyut menghilang disebut tekanan diastolik.

Cara Kerja
1.    Ukurlah tekanan darah seorang siswa dengan menggunakan tensimeter. Catatlah hasil pengukuran.
2.    Mintalah siswa tersebut untuk menghitung denyut jantungnya selama 1 menit pada waktu duduk istirahat di kursi, sebelum kegiatan dimulai. Denyut jantung dapat dirasakan dengan menempelkan ibu jari tangan kanan pada pergelangan tangan kiri kemudian sedikit ditekan. Catatlah hasil perhitungan.
3.    Mintalah siswa tersebut untuk melakukan lari-lari di tempat selama + 3 menit. Hitung denyut jantungnya selama 1 menit segera setelah aktivitas tersebut. Catatlah hasil perhitungan.
4.    Ukur kembali tekanan darah siswa tersebut setelah melakukan semua aktivitas di atas. Catatlah hasil pengukuran.
5.    Lakukan kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap siswa dapat diperiksa dan memeriksa tekanan darah,  serta menghitung denyut jantungnya sendiri.
6.    Buatlah tabel dari data hasil kegiatan.

Pertanyaan
1.      Bandingkan hasil pengukuran beberapa orang siswa. Adakah kesamaannya?
2.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi frekuensi denyut jantung?
3.      Apa yang dimaksud tekanan darah sistol dan diastol?



0 komentar:

Posting Komentar